Merawat Solder Uap Dengan Benar

Solder uap – Pada pembahasan kali ini, akan dibahas bagaimana merawat solder uap dengan benar. Karena hal ini sangatlah penting untuk anda ketahui agar solder uap anda dapat bertahan lebih lama. Supaya solder uap anda dapat selalu terawat, maka diperlukan teknik khusus dalam menggunakannya. Artinya adalah dalam hal pemakaiannya janganlah asal-asalan. Hal tersebut bertujuan agar solder uap dapat dipakai dalam jangka waktu lebih lama walaupun anda sering menggunakannya.

Penggunaan solder uap

– Digunakan untuk soldering serta desoldering terhadap komponen SMD yang begitu kecil

– Digunakan sebagai heat shirt tube

– Heat processing dan heat energy

– Circuit anti – static melindungi kerusakan terhadap komponen

Langkah-langkah melakukan perawatan pada solder uap

– Masukkanlah steker solder uap pada stopkontak. Tahap selanjutnya adalah menekan tombol power di posisi ON, agar dapat menjalankan fungsi blower.

– Aturlah suhu / panas serta tekanan udara yang sesuai dengan suhu yang diinginkan

– Bersihkan PCB baik itu dari minyak atau kotoran memakai cairan IPA, pakailah kuas yang lembut, tetapi jangan sampai membuat komponen mengalami kerusakan di sekitarnya.

– Ketika anda hendak menggunakannya, maka mata dari solder uap haruslah berada tegak lurus dan tepat diatas media yang hendak dipanasi. Lihatlah komponen yang akan dipasang. Jangan terbalik di posisi tanda yang terdapat pada papan PCB.

– Lindungilah komponen berbahan plastik yang berada di sekitar IC ketika akan dipanasi. Maka, sebaiknya menggunakan pinset ketika menggoyang / memegang IC.

– Gerakkan head blower dengan memutar secara beraturan diatas medium yang akan dipanasi.

– Ketika telah selesai serta merata, maka letakkanlah kembali gagang solder di tempatnya. Kemudian putarlah ukuran pada tegangan untuk udara atau air di posisi yang paling maksimal ( angka 8 ).

– Biarkanlah solder menjadi dingin. Di tahap ini, maka udara mengeluarkan sisa panasnya. Selalu perhatikan jangan pernah untuk mencabut kabel steker secara langsung ketika anda telah memakai solder tersebut. Hal ini karena bisa membuat solder uap http://cody.id/ akan cepat mengalami kerusakan.

Leave a reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>